Proposal Business Plan : SALAD BUAH FANTASTIS

 

DESKRIPSI UMUM USAHA

Nama Usaha       : Salad Buah Fantastis

Bentuk                Individu

Jenis                   : Industri Kecil

Nama Pemilik    : Fitria Deswita

Alamat               Jl. Perintis Kemerdekaan kawasan pendidikan, Cikokol, Kota Tangerang, Banten.




BAB I
PENDAHULUAN


    A. LATAR BELAKANG USAHA

        Setiap manusia pastinya membutuhkan nutrisi dalam tubuhnya. Namun dalam memperoleh nutrisi tersebut terkadang enggan memperolehnya dengan baik. Banyak sekali orang menyepelekan betapa pentingnya nutrisi dalam tubuh dan jika hal itu disepelekan dapat menyebabkan kesehatan menurun. Banyak orang tak memperhatikan hal itu dan lebih menyukai memakan sesuatu yang tidak baik untuk tubuh mereka sendiri dan akhirnya mereka beranggapan bahwa makanan yang tidak baik itu cukup menjadi alternatif untuk mengganjal perut. Makanan-makanan tersebut contohnya seperti makanan cepat saji atau camilan-camilan instan.
    Maka dari itu saya akhirnya mencoba usaha dengan konsep makanan yang segar dan bernutrisi yang bisa menjadi alternatif pengganjal perut ketika lapar. Salad buah adalah makanan yang terbuat dari berbagai macam buah yang masih segar yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt, jelly, mayonaise, dan keju. Orang-orang bisa mencobanya dan menjadikannya alternatif pengganti makanan cepat saji. Salad buah ini cocok dijaikan menu sarapan yang kaya akan nutrisi tetapi juga memiliki khasiat yang banyak bagi tubuh.
    Prospek pasar yang saya tujukan untuk usaha ini ialah masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya. Prospek pasar tersebut dirasa sangat menjanjikan mengingat kebutuhan mahasiswa akan kudapan yang sehat dan efisien sangat tinggi. Usaha ini diharapkan mampu bertahan dan berkembang di kemudian hari karena dengan adanya usaha ini bukan hanya untuk mencari pendapatan tetapi juga memberikan dampak yang baik bagi kesehatan masyarakat.

    B. VISI DAN MISI

    Visi :
    Menjadikan sebuah usaha yang bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan masyarakat dan juga menjadi sebuah usaha yang bisa sukses di bidang kuliner dengan terus mengembangkan produk berkualitas.
    
    Misi :
  • Menyediakan makanan dengan kualitas yang tinggi seperti bahan-bahannya yang masih segar
  • Memberikan kesan yang baik untuk para konsumen
  • Menciptakan sebuah usaha kuliner yang dapat dikenal banyak orang

    C. DATA PERUSAHAAN
  1. Nama Perusahaan : Salad Buah Fantastis
  2. Bidang Usaha : Dagang
  3. Jenis ProdAuk/Jasa : Kuliner
  4. Alamat Usaha : Jl. Perintis Kemerdekaan kawasan pendidikan, Cikokol, Kota Tangerang, Banten.
  5. Nomor Telpon Kantor : 08569798xxxx
  6. Status Usaha : Akan berjalan

  

BAB II
PEMBAHASAN

    

    A. GAMBAR PRODUK
    




    B. ANALISIS PRODUK
    Produk yang ditawarkan adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu buah-buahan seperti buah apel, buah naga, buah anggur, dan tambahan yogurt, mayonaise, jelly atau nata de coco, susu dan juga keju. Bahan dasar pembuatan salad buah dapat ditemukan dengan mudah.

    C. ANALISIS PEMBUATAN
    Bahan :
  1. ½ buah apel

  2. ¼ buah anggur

  3. ½ buah naga jika berukuran besar

  4. 2 sachet susu kental manis

  5. 2 sdm mayonaise

  6. 2 sdm yogurt plain

  7. Nata de coco atau agar-agar (optional)

  8. 100 ml susu cair

  9. Keju

   Alat : 
  1. Pisau
  2. Talenan

  3. Parutan Keju

  4. Wadah kemasan

  5. Sendok Plastik

  6. Pengupas buah

    Proses pembuatan Salad Buah Fantastis adalah sebagai berikut :
    1. Cuci buah kemudian potong buah-buahan menjadi kecil. Lalu masukkan ke dalam wadah.
    2. Untuk saus atau krim saladnya, yaitu dengan mencampurkan semua bahan cair; yogurt, mayonaise, susu kental manis, susu cair dan juga jelly.
    3. Setelah itu, tuangkan saus salad yang sudah dibuat ke atas buah-buahan yang telah dipotong, lalu aduk merata.
    4. Kemudian parut keju di atas salad
    5. Salad buah siap disajikan.

    D. GAMBARAN PASAR DAN PEMASARAN
    Usaha ini merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner, yaitu buah-buahan yang meiliki inovasi di mana inovasi di sini yaitu buah buahan yang dikombinasikan dengan yogurt, mayonaise, jelly, susu, dan juga keju. Untuk tahap awal usaha ini akan dijalankan di sekitar Tangerang kemudian akan dikembangkan ke daerah daerah lain. Saya merencanakan tempat untuk produksi salad buah ini adalah di kediaman saya sendiri dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis dan dekat dengan pasar tradisional, sehingga mempermudah dalam mengakses bahan baku.

        1. Segmentasi Pasar
        - Segmentasi Geografis
        Saya merencanakan tempat untuk menjual salad buah ini adalah di daerah kawasan pendidikan Tangerang dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis dan dekat dengan keramaian.
        - Segmentasi Demografis 
        Sasaran dari salad buah ini adalah semua kalangan baik laki-laki atau perempuan umumnya dan mahasiswa atau pelajar khususnya.
        - Segmentasi Psikografis
        Salad buah ini selain memberikan nutrisi dan khasiat tapi juga memberikan rasa segar dan kenyang ketika mengonsumsinya. Semua orang dapat menikmati salad ini dengan baik.

        2. Aspek Pemasaran
        - Penyebaran informasi secara langsung yaitu di mana pemasaran dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut atau juga dari orang terdekat.
        - Pemberian informasi secara tidak langsung yaitu dengan penempelan poster, pemasangan spanduk, dan pemasangan banner produk Salad Buah Fantastis serta juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan dari jarak jauh.
        -Melalui sarana teknologi dan informasi yaitu dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan juga mendaftarkannya di aplikasi toko online seperti Go-jek dan Grab.

        3. Strategi Pemasaran
        - Strategi Harga
    Saya menggunakan penerapan metode berdasarkan pesaing, dengan kata lain berpatokan pada pesaing yang telah menjual produk sejenis di pasaran. Dengan tetap memantau perkembangan harga di pasaran, saya bisa mempertimbangkan harga rendah tanpa merusak harga pasaran sehingga dapat memberikan peluang lebih besar dibandingkan pesaing lainnya.
        - Strategi Promosi
        Saya menggunakan tiga macam promosi yaitu, promosi secara langsung, promosi tidak langsung atau melalui media sosial, dan juga penjualan pribadi yang mana menjual di lingkungan terdekat. Saya juga akan menyebarkan brosur, penempelan poster, pemasangan spanduk produk Salad Buah Fantastis serta juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan dari jarak jauh.
        - Strategi Distribusi
        Strategi distribusi yang akan saya laksanakan adalah strategi distribusi selektif di mana saya akan memilih siapa yang akan menjadi distributor dari produk yang saya jual. Guna dalam menerapkan strategi ini adalah untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan seperti kelalaian dan kerugian.

    E. ANALISIS S.W.O.T
            1. Strenght
                - Menggunakan buah-buahan yang segar
                - Harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi tetapi kualitas tetap terbaik
                - Kerap mengadakan promo agar menarik pembeli
                - Lokasi tempat di tengah keramaian
                - Memiliki keunggulan dalam hal higienis.

            2. Weakness
                - Modalnya sedikit besar untuk membeli buah-buahan
                - Faktor sulit mendapatkan buah yang masih benar-benar dalam keadaan segar

            3. Opportunity
                - Sosial Media membantu memperkenalkan Salad Buah Fantastis kepada warganet yang selalu mengincar hal-hal kekinian.
                - Rasanya unik dan segar yang disukai banyak orang

            4. Threats
                - Resiko buah-buahan yang cepat layu atau tidak segar lagi
                - Banyak pesaing di bisnis yang sama
                - Kenaikan harga bahan baku terutama buah-buaha

    F. ANALISIS KEUANGAN
                1. Anggaran



               
                    Total bahan baku: Rp 46.000,00 + Rp 344.000,00 = Rp 390.000,00
                    Penjualan dalam 1 minggu atau lebih mengeluarkan anggaran sebesar Rp 390.000,00

               2. Analisis BEP 
                a. Penjualan Bersih
                TC
                Total bahan baku                                   Rp 390.000,00
                Biaya brosur dan Spanduk                    Rp 50.000,00 +
        
                  TC                                                                    Rp 440.000,00

        Total revenue
                Harga jual : Rp 17.000,00 x 50 buah = Rp 850.000,00
                Laba kotor : Rp 850.000,00 - Rp 390.000,00 = Rp 460.000,00/minggu
                Laba Bersih = Rp 460.000,00 - Rp 50.000,00 = Rp 410.000,00/minggu

         BEP Per unit
                Harga jual (P) : Rp 17.000,00
                Biaya variabel (TVC) : Rp 390.000,00
                Biaya penyusutan (TFC) : Rp 15.000,00
                N : jumlah unit terjual

                Perhitungan :
                P x N = TFC + TVC
                17.000 x N = 15.000 + 344.000
                17.000 x N = 359.000
                N                = 21


BAB III 
PENUTUP
    

        Bukan hanya mencari pendapatan, mendirikan usaha juga berguna untuk melatih diri menjadi pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab atas segala resiko yang nantinya akan diterima saat menjalankan bisnis. Usaha dapat dibangun dengan sukses tentunya dengan visi dan misi yang matang. Selain itu adapula prinsip yang harus diteguhkan ketika menjadi seorang wirausaha, salah satunya adalah berani mencoba dan selalu berinovasi.
        Saya harap usaha yang akan saya dirikan ini berjalan lancar dan memberikan dampak yang baik untuk segala pihak, baik untuk pribadi, orang terdekat, dan konsumen yang akan menikmatinya. Saran dan masukan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan demi keberlangsuhan usaha dan tercapainya tujuan usaha ini.














Comments

Popular posts from this blog

ILMU BUDAYA DASAR : BAB 3. KEINDAHAN

Unsur - Unsur Kebudayaan Bangsa Timur